Breaking News

Jiran Singapura Mengejutkan Ekonominya Tumbuh Positif

Ekonomi jiran Singapura berhasil tumbuh positif di kuartal I 2021.
Ilustrasi

KepriKini.com – Perekonomian jiran Singapura mulai rebound (naik kembali). Negeri Singa itu berhasil tumbuh positif pada kuartal I 2021. Kinerja ini terbilang mengejutkan karena perkiraan sebelumnya masih tumbuh negatif. .

Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura mencatat laju ekonomi 0,2 persen (year-on-year) pada periode Januari-Maret 2021 atau berbanding terbalik dari kuartal I 2020 yang minus 0,7 persen.

Kinerja jiran Singapura itu terbilang mengejutkan. Sebelumnya survei Reuters menaksir pertumbuhan ekonomi masih minus 0,2 persen pada tiga bulan pertama tahun ini. Namun berdasarkan data yang yang mereka laporkan pada Selasa (13/4/2021), secara kuartalan, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) tetangga dekat Provinsi Kepri itu tumbuh 2 persen.

Melansir CNN yang mengutip Reuters, Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura menilai laju positif pada kuartal I 2021 berkat aktivitas manufaktur yang kuat.

Sementara itu, Singapura saat ini tengah berupaya pulih dari resesi terburuknya yang terjadi tahun lalu karena pandemi covid-19. Salah satunya dengan mengendalikan penyebaran lokal covid-19 dan menggelar vaksinasi secara massal.

Namun demikian, analis menilai kunci pertumbuhan ekonomi Singapura bergantung pada permintaan eksternal dan pembukaan kembali perbatasan internasional. (red)

LIHAT ARTIKEL LAIN:

Gubernur Minta Betul Pengurus Masjid Ingatkan Jamaah

Prof Nasaruddin Umar Jelaskan Sisi Moderat Muslim Sejati

Mundur, Pembukaan Lagoi dan Nongsa untuk Turis

BRK, Kini Satu-satunya Perekat antara Riau dan Kepri

Habib Jindan Ingatkan Umat Muslim Jaga Ramadan

PM Singapura Akan Izinkan Perawat Muslim Berhijab

Gubernur Ansar Sebut Proyeksi Kepri Rebound Awal 2022

7 Fakta Sebulan Ansar Ahmad Gubernur Kepri