Breaking News

Nyeberang Batam-Tanjungpinang Pakai Sertifikat Vaksin

Nyeberang Batam-Tanjungpinang kini harus pakai sertifikat vaksin Covid-19.
Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang.

KepriKini.com – Kini Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, SE, MM mengeluarkan Surat Edaran (SE) baru. SE tersebut terkait Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) antar kabupaten/kota dalam Provinsi Kepri. Artinya, nyeberang Batam-Tanjungpinang kini harus pakai sertifikat vaksin Covid-19.

Syarat kelengkapan sertifikat vaksin ini tercantum dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Kepri Nomor: 536/SET-STC19/VII/2021. SE tersebut, tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri dan Internasional dengan Menggunakan Moda Transportasi Transportasi Umum dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepri. Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, SE, MM meneken SE tersebut tanggal 8 Juli 2021. Pembaca bisa mengakses SE tersebut melalui link berikut:

https://kepriprov.go.id/file/536_(SE)_Gub_ttg_Ketentuan_Perjalanan_Orang_Dalam_Negeri_dan_Internasional_8_s_d__22_Juli_2021.pdf

Namun kemudian Gubernur Kepri kembali mengeluarkan SE Nomor: 539/SET-STC19/VII/2021. SE ini tentang Perubahan atas SE Nomor 536/SET-STC19/VII/2021 tentang Ketentuan Perjalanan dalam Negeri dan Internasional dengan Menggunakan Transportasi Umum dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepri. Pembaca bisa mengakses SE perubahan itu melalui link berikut:

https://kepriprov.go.id/file/539_(SE)_Gub_ttg_Perubahan_atas_SE_Gub_Kepri_No__536_ttg_Ketentuan_Perjalanan_Orang_Dalam_Negeri_dan_Internasional.pdf  

Tambahan pada SE perubahan ini, PPDN dalam wilayah Provinsi Kepri juga wajib melengkapi diri dengan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam atau hasil negatif Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Merujuk ke SE perubahan itu, maka warga yang akan menyeberang Batam-Tanjungpinang, selain sertifikat vaksin, wajib pula melengkapi diri dengan surat bebas covid.

Sedangkan GeNose yang sebelumnya untuk nyeberang Kota Batam-Kota Tanjungpinang, dalam SE terbaru ini tidak ada lagi tercantum. Tapi berganti dengan syarat kelengkapan kartu/sertifikat vaksin Covid-19 dan surat bebas covid RT PCR dan Rapid Antigen.

Adapun ketentuan di atas, sesuai dengan SE terbaru itu, akan berlaku dari 12 Juli 2021 sampai 22 Juli 2021. (red)