Breaking News

Pembangunan Jembatan Batam – Bintan Disebut Kelar sebelum 2024

KepriKini.com – Kemenpupera menyebut pembangunan Jembatan Batam – Bintan akan kelar sebelum tahun 2024. Sesuai harapan pemerintah pada tahun 2024 tidak ada lagi pembangunan fisik.

”Bapak Menpupera dan Bapak Presiden berharap tahun 2024 tidak ada pembangunan fisik. Itu yang menjadi concern kami. Maka targetnya sebelum 2024 Jembatan Batam – Bintan sudah selesai,” kata Direktur Pembangunan Jembatan, Ditjen Bina Kemenpupera, Yudha Handita Pandjiriawan.

Yudha melanjutkan, pembangunan Jembatan Batam – Bintan tahun ini sudah memasuki tahap finalisasi persiapan lelang. Di mana, feasibility studies (FS) sudah selesai, tinggal finalisasi untuk lelang. “Lelang akan dilaksanakan setelah Agustus 2021,” katanya sebagaimana laman Investor Daily melansirnya.

Menpupera Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/4/2021) mengungkapkan pembangunan Jembatan Batam – Bintan di Provinsi Kepri bakal menggunakan skema pembiayaan Kerjasama Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Porsinya, pemerintah akan memberikan dukungan sekitar 30 persen.

Menurut dia, skema KPBU memiliki keunggulan, jika membandingkannya dengan APBN. Swasta akan memiliki kepastian pengembalian (investasi) plus keuntungan.

“Sementara keuntungan bagi pemerintah, proyeknya banyak yang mengawasi. Sehingga secara admininistrasi dan teknis menjadi tertib untuk melayani masyarakat lebih baik,” imbuhnya.

Kemudian dia menjelaskan, Jembatan Batam – Bintan merupakan satu di antara 13 proyek KPBU yang akan pemerintah tawarkan (ready to offer) tahun 2021. Total keseluruhan nilai investasi mencapai Rp168,84 triliun.

Adapun 13 proyek KPBU tersebut terdiri Jalan Tol Kamal – Teluknaga – Rajeg; Jembatan Batam- Bintan; Tol Mamminasata; Jalan Tol Sentul Selatan – Karawang Barat; Tol Bogor – Serpong via Parung; Tol Gilimanuk – Mengwi (PQ); Penggantian dan/atau duplikasi Jembatan Calendar Hamilton (CH) di Pulau Jawa (PQ). Kemudian Tol Akses Patimban; Tol Semanan – Balaraja; Tol Semarang Harbour/Semarang Kendal; dan Jalan Tol Cikunir – Karawaci Elevated. Selanjutnya Tol JORR Elevated Ruas Cikunir – Ulujami dengan total panjang keseluruhan mencapai 447,067 km; dan Rusun Cisaranten, Bina Harapan sebanyak 2.738 unit. (red)

LIHAT JUGA ARTIKEL LAIN: 

Jiran Singapura Mulai Larang Masuk Orang dari India

Ini Aturan Baru sebelum dan sesudah Larangan Mudik 2021

Cair-Cair! THR PNS Dibayar 10 Hari sebelum Lebaran

Bank Riau Kepri Jadi BUS Untungkan Industri Halal Kepri

Kejagung Sita Hotel Goodway Batam

Perakit iPhone, Pegatron Perluas Usaha di Batam

Kumulatif Terkonfirmasi Corona di Kepri Tembus 10 Ribu